Langsung ke konten utama

Tugas Pertemuan 2



Assalaamu’alaykum Warahmatullahi Wabarokatuh


안녕하세요
Annyeonghaseyo. 

        Dalam bahasa Indonesia artinya adalah Hallo Semua. Apa kabarnya ? Semoga dalam keadaan sehat wal’afiat. Bertemu lagi dengan saya Asri Safirannisa. Salam kenal J

Pada Pertemuan kedua kali ini, kita akan membahas lebih lanjut mengenai Mobile Computing dan Cloud Computing.

Seiring dengan perkembangan zaman, semakin lama mengalami kemajuan. Salah satunya dalam hal teknologi. Hampir tidak mungkin di zaman sekarang ini kita membawa PC (Personal Computer) kemana-mana karena ukurannya lumayan besar dan berat serta tidak praktis. Perkembangan pesat teknologi informasi menghadirkan media komunikasi global internet yang memudahkan orang untuk saling berkomunikasi tanpa batasan geografis dan waktu. Munculnya teknologi mobile seperti Smartphone, PDA (Personal Digital Assistant) yang sudah mulai dikenal luas menghadirkan revolusi baru dalam dunia komunikasi global yang menggabungkan teknologi mobile dengan teknologi internet, yang sering disebut sebagai mobile computing. Mobile Computing adalah suatu penyajian informasi yang menggunakan mobile devices seperti smartphone, PDA, atau laptop dengan bantuan media komunikasi wireless.

Dengan adanya mobile computing ini diharapkan memperoleh informasi mengenai teknologi mobile computing dan informasi tentang dukungan hardware resource yang memadai untuk mendapatkan pemahaman yang tepat mengenai mobile computing. Hardware resource yang dibutuhkan berupa perangkat komunikasi wireless seperti access point, wireless interface card, handphone, laptop dan lain lain sebagai pusat komputasi (Computing Center).

Berdasarkan Laporan Dell’oro mengenai perkembangan pasar nirkabel. Penjualan access point nirkabel enterprise misalnya, diprediksi meningkat 75% pada tahun 2004 dan tingkat pertumbuhan tahunan rata-rata 47% sampai tahun 2008. Maraknya pertumbuhan pasar nirkabel enterprise ini tidak terlepas dari semakin matangnya teknologi nirkabel, khususnya keamanan akses.

A.  Pengertian Mobile Computing
Mobile Computing atau komputasi bergerak merupakan kemajuan teknologi komputer sehingga dapat berkomunikasi menggunakan jaringan tanpa menggunakan kabel (nirkabel) dan mudah dibawa kemana-mana alias praktis.

Selain itu, Mobile Computing merupakan paradigma baru dari teknologi yang mampu melakukan komunikasi walaupun pengguna melakukan perpindahan lokasi atau bermobilisasi.

Dapat dipahami bahwa manusia senantiasa bergerak dan berkembang dari satu keadaan ke keadaan yang lain. Sehingga membutuhkan suatu device yang mampu mengikuti pergerakan setiap manusia. Pergerakan disini yaitu orang dan device. Atau bisa disebut juga dengan sebuah komputasi menggunakan teknologi yang tidak terhubung secara fisik dalam jarak jauh atau lingkungan mobile.

Infrastruktur mobile computing dilakukan secara kontinue dimana setiap data disimpan atau komputer yang memproses permintaan tidak perlu dipikirkan.

Perbedaan Mobile Computing dan Cloud Computing adalah sebagai berikut :
  • Mobile computing menggunakan teknologi mobile untuk menjalankannya seperti handphone, carputer dan ultra mobile PC, sedangkan cloud computing menggunakan Personal Computer (PC) pada umumnya untuk menjalankannya.
  • Biaya untuk pengadaan energi bagi mobile computing cenderung lebih mahal dibanding dengan cloud computing apabila tidak ada sumber daya listrik dapat membutuhkan sumber daya pengganti yaitu baterai.
  • Mobile computing tidak terlalu membutuhkan tempat yang besar untuk mengoperasikannya dibanding dengan cloud computing karena cenderung portable dan mudah dibawa kemana-mana.
  • Pada mobile computing, proses komputasi cenderung dilakukan sendiri oleh pengguna. Pada cloud computing, proses komputasi membutuhkan ASP dan internet sebagai media penghubung.
Persamaan Mobile Computing dengan Cloud Computing
  • Keduanya merupakan metode untuk melakukan proses komputasi dan memecahkan sebuah masalah serta menemukan solusinya.
  • Keduanya membutuhkan alat pengolah data modern seperti Personal Computer / PC, laptop, maupun handphone untuk menjalankannya.

2.  Pengertian Mobile Computing

Mobile Computing atau komputasi bergerak merupakan kemajuan teknologi komputer sehingga dapat berkomunikasi menggunakan jaringan tanpa menggunakan kabel (nirkabel) dan mudah dibawa kemana-mana alias praktis.

Selain itu, Mobile Computing merupakan paradigma baru dari teknologi yang mampu melakukan komunikasi walaupun pengguna melakukan perpindahan lokasi atau bermobilisasi.

Dapat dipahami bahwa manusia senantiasa bergerak dan berkembang dari satu keadaan ke keadaan yang lain. Sehingga membutuhkan suatu device yang mampu mengikuti pergerakan setiap manusia. Pergerakan disini yaitu orang dan device. Atau bisa disebut juga dengan sebuah komputasi menggunakan teknologi yang tidak terhubung secara fisik dalam jarak jauh atau lingkungan mobile.

Infrastruktur mobile computing dilakukan secara kontinue dimana setiap data disimpan atau komputer yang memproses permintaan tidak perlu dipikirkan.

Kelebihan Mobile Computing adalah :
ü Komputasi simulasi dan penyelesaian masalah dapat berjalan lebih cepat dan mencakup domain yang lebih luas.
ü Akses terhadap sumber data global dan hasil penelitian lebih baik.
ü Dinamis dan tidak ada batas-batas geografis.

Kekurangan Mobile Computing antara lain :
ü Masih sedikitnya Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkompeten dalam mengelola mobile computing.

3. Aplikasi yang menerapkan Mobile Computing adalah :

ü Bussiness to Constumers (B2C)
Bussiness to Constumers (B2C) adalah jenis bisnis yang dilakukan antara pelaku bisnis dengan konsumen, seperti antara produsen yang menjual dan menawarkan produknya ke konsumen umum secara online. Disini pihak produsen akan melakukan bisnis dengan menjual dan memasarkan produknya ke konsumen tanpa adanya feedback dari konsumen untuk melakukan bisnis kembali kepada pihak produsen, yang artinya produsen hanya menjual atau memasarkan produk ataupun jasanya dan pihak konsumen hanya sebagai pemakai atau pembeli.

Perusahaan yang menerapkan Mobile Computing :

1. Dalam bidang teknologi

ü iBox Online Store




iBox adalah Reseller terkemuka Produk Premium Apple di Indonesia yang mengkhususkan diri dalam menawarkan produk-produk Apple dan berbagai macam aksesoris pelengkap, software, dan lainnya.


iBox menawarkan one-stop Apple digital lifestyle shopping. Pelanggan dapat menikmati pengalaman belanja yang interaktif di mana mereka dipersilahkan untuk menyentuh, merasakan, dan menguji berbagai produk Apple terbaru. 

Sebagai satu-satunya Pusat Pelatihan Resmi Apple di Indonesia, iBox menyediakan training dan hands-on coaching untuk semua produk dan software Apple. Selain itu, Apple Premium Service Provider memberikan layanan after-sales yang sangat baik dengan memberikan panduan dan bantuan bagi pengguna Apple. 

Untuk info lebih lanjut dapat di akses www.ibox.co.id


2. Dalam bidang transportasi

ü PT . Kereta Api Indonesia (Persero)



Bentuk
Garis melengkung
    : Melambangkan gerakan yang dinamis PT KAI dalam mencapai Visi dan Misinya.

Anak Panah
         : Melambangkan Nilai Integritas, yang harus dimiliki insan PT KAI dalam mewujudkan Pelayanan Prima.

Warna:
1. Orange        : Melambangkan proses Pelayanan Prima (Kepuasan Pelanggan) yang ditujukan kepada pelanggan internal & eksternal. 

2. Biru                : Melambangkan semangat Inovasi yang harus dilakukan dalam memberikan nilai tambah ke stakeholders. Inovasi dilakukan dengan semangat sinergi di semua bidang dan dimulai dari hal yang paling kecil sehingga dapat melesat.

Visi dan Misi:

Visi menjadi penyedia jasa perkeretaapian terbaik yang fokus pada pelayanan pelanggan dan memenuhi harapan stakeholders.

Misi menyelenggarakan bisnis perkeretaapian dan bisnis usaha penunjangnya, melalui praktik bisnis dan model organisasi terbaik untuk memberikan nilai tambah yang tinggi bagi stakeholders dan kelestarian lingkungan berdasarkan 4 pilar utama : Keselamatan, Ketepatan waktu, Pelayanan dan Kenyamanan.

Website ini sangat membantu untuk seluruh masyarakat Indonesia yang ingin menggunakan transportasi tanpa perlu macet. Di era digital kini, PT Kereta Api Indonesia (Persero) telah menyediakan fasilitas reservasi pembelian tiket secara online untuk masyarakat Indonesia. Jadi tidak perlu antri dan berdesak-desakan seperti dulu.

Pemesanan tiket melalui internet dengan membuka situs resmi PT KAI (Persero) dengan alamat tiket.kereta-api.co.id untuk keberangkatan H-90 sampai dengan H-2 hari sebelum keberangkatan KA. Calon penumpang cukup memilih stasiun keberangkatan, stasiun tujuan, tanggal keberangkatan, dan jumlah penumpang melalui web tersebut. Setelah mengisi data diri sesuai identitas yang ada di KTP anda, calon penumpang akan mendapatkan kode pembayaran yang dapat dibayarkan melalui ATM Bank (waktu pelayanan 24 jam) antara lain :
a.   Bank Mandiri
b.   Bank BII Maybank
c.    Bank BRI
d.   Bank BRI Syariah
e.    Bank BPR KS
f.     Bank OCBC NISP
g.   BPD DIY
h.   Bank Panin
i.     Bank CIMB Niaga
j.     Bank BNI
k.   Bank BJB
l.     Bank BCA
m. Bank Mayapada
n.   Bank BTN
o.   Bank Mega
p.   Bank Pundi
q.   Bank BTPN
Pembayaran melalui minimarket dan Payment Point (waktu pelayanan s.d. Pukul 22.00 WIB dan beberapa gerai melayani 24 jam) antara lain:
a.   Alfamart
b.   Indomaret
c.    Alfamidi
d.   Lawson
e.    Alfa Express
Payment Point (waktu pelayanan office hour) antara lain :
a.   Kantor Pos
b.   Jaringan Flash Mobile

Pembayaran menggunakan Kartu Kredit Visa/Master
Pembayaran melalui CIMB Clicks
Pembayaran melalui BCA KlikPay
Pembayaran melalui e-Pay BRI
Pembayaran melalui DokuPay
Pembayaran melalui Skye Mobile Money

Setelah pembayaran calon penumpang akan mendapatkan notifikasi melalui email, kemudian cetak notifikasi tersebut dan tukarkan dengan tiket KA di stasiun online tersebut.

Untuk informasi lebih lengkapnya dapat di akses www.kai.co.id


ü Consumer to Bussiness (C2B)
C2B (Consumer to Bussiness) merupakan kebalikan dari Business to Consumer (B2C), dimana konsumen akhir bertindak sebagai penjual sedangkan perusahaan bertindak sebagai pembeli dan aktivitas ini dilakukan secara elektronik yang tentunya dengan menggunakan jaringan internet.

Contoh C2B  adalah :

Dalam bidang Teknologi Informasi

ü Google Play





Google Play adalah layanan konten digital milik Google yang melingkupi toko untuk produk-produk seperti musik/lagu, buku, aplikasi, permainan dan lain-lain. Para pengembang dapat meng upload produk – produk nya di Google Play. Produk yang telah di upload ke Google Play kemudian akan ditawarkan oleh Google ke pengguna. Dengan kerjasama ini berarti pengembang bertindak sebagai consumer dan Google sebagai bussiness yang menampung produk- produk dari para pengembang. 

Dalam bidang Pendidikan dan Teknologi

ü CamScanner



Aplikasi ini bisa dibilang keluaran terbaru dari Google Play dan sangat bermanfaat khususnya untuk pelajar dan mahasiswa, aku sangat merekomendasikan aplikasi CamScanner ini karena selain juga sangat membantu pengguna dalam men scanning dokumen tanpa perlu ribet. Caranya sangat mudah pertama kamu foto dokumen yang ingin di scan lalu crop dokumen tersebut sesuai dengan keinginan maka akan muncul berbagai macam filter yang tersedia di aplikasi CamScanner, setelah memilih filter yang diinginkan pilih tanda centang yang terdapat di pojok kanan bawah lalu pilih simbol pdf yang terdapat pojok kanan atas maka secara otomatis foto yang kamu ambil tadi di scan dan dijadikan .pdf. Atau kamu bisa juga import from your gallery maka akan muncul foto mana saja yang mau kamu scan dan dijadikan .pdf lalu pilih simbol pdf yang terdapat di pojok kanan atas maka akan secara otomatis di scan dan dijadikan .pdf foto yang kamu import tadi.  Gimana tertarik untuk mencoba kawan ? Aplikasi ini bisa di unduh di Google Play untuk Android dan App Store untuk Apple. Untuk kamu yang lagi mengerjakan tugas akhir sangat perlu menggunakan aplikasi ini. Kenapa ? karena aplikasi ini gratis tanpa menguras saku anda.

ü Consumers to Consumers (C2C)
Consumers to Consumers dilakukan antara konsumen dengan konsumen, yaitu perorangan yang menjual barang atau jasanya melalui situs market place atau situs jual beli.
Contoh Dari Website C2C yang menerapkan Mobile Computing adalah :
ü HijUp (https://www.hijup.com).
 HIJUP.com adalah Islamic fashion e-commerce pertama di dunia yang didirikan pada tahun 2011. Dengan konsep online mall, HIJUP.com menyediakan berbagai macam produk terbaik karya designer fashion muslimah Indonesia. Produk yang kami sediakan ditujukan khusus untuk wanita Muslim, dari mulai pakaian, kerudung, aksesoris dan banyak lagi yang lainnya.
Sejak awal berdiri, HIJUP.com berperan sebagai perantara antara para designer dengan calon pembeli di seluruh dunia. Dengan HIJUP.com para designer dapat meningkatkan keuntungan dengan lebih efisien sementara calon pembeli jadi lebih mudah mencari produk yang diinginkan.
HIJUP adalah kependekan dari Hijab Up (seperti pada kata make up atau dress up). Karena kami yakin bahwa kami bisa memberikan sesuatu yang lebih kepada wanita Muslim di seluruh dunia. Bahwa Hijab tidak membatasi mereka untuk berkarya dan diakui oleh lingkungan sekitarnya. Mereka layak untuk tampil menawan dengan pakaian yang cantik dan mengikuti trend namun tetap syar'i.
Cara berbelanja online di HIJUP, yuk simak langkah-langkahnya :

1.   Registrasi / Sign In
Pastikan jika kamu sudah memiliki akun HijUp.com untuk berbelanja online. Jika belum, maka kamu harus registrasi dulu. Klik Register di bagian atas website lalu isi form yang tersedia. Jika sudah berhasil registrasi maka kamu bisa langsung sign in. Klik Sign In di bagian atas website, kemudian masukkan email dan password.

2.  Pilih Produk yang diinginkan
Di Menu Utama kamu bisa dengan mudah memilih produk yang diinginkan berdasarkan kategori produk di Collections dan Brands. HIJUP juga menyediakan kategori What’s New untuk memudahkan kamu menemukan koleksi terbaru. Untuk pencarian lebih cepat gunakan search form, masukkan kata kunci lalu tekan tombol search.

3.  Tambahkan Produk yang dipilih ke Shopping Cart
Setelah menemukan produk yang kamu inginkan, lihat detail produk, tentukan warna, ukuran, dan jumlah produk yang ingin kamu beli lalu klik Add to Cart. Kamu bisa menambahkan lebih dari satu produk ke dalam shopping cart.

4.  Checkout dari Shopping Cart
Checkout untuk memeriksa kembali seluruh produk yang akan kamu beli. Jika kamu memiliki voucher belanja, kamu bisa memasukkan nomor voucher di bagian kiri bawah halaman ini. Klik I Still Want to Shop untuk memilih produk lainnya atau I am Ready to Order untuk lanjut ke tahap berikutnya.

5.  Check Alamat Pengiriman
Lengkapi detail alamat pengiriman. Pastikan alamat yang dituju  benar. Klik Next untuk lanjut ke tahap berikutnya.

6.  Metode Pembayaran
Untuk mempermudah transaksi, kami menyediakan beberapa metode pembayaran. Pilih metode pembayaran yang biasa kamu gunakan.

·        Transfer Bank
Silahkan melakukan transfer sesuai dengan rincian order kamu ke salah satu rekening kami berikut ini :

Bank Mandiri       :0700008999000 a.n. PT.HijUp.com

·        Mandiri ClickPay
Jika memiliki metode pembayaran dengan Mandiri ClickPay, pastikan kamu sudah terdaftar pada layanan Mandiri ClickPay.


2.Pilih Produk
Di menu utama kamu bisa dengan mudah memilih produk yang kamu inginkan berdasarkan kategori produk di Collections dan Brands. Kami juga menyediakan kategori What’s New untuk memudahkan kamu menemukan koleksi terbaru. Untuk pencarian lebih cepat gunakan search form, masukkan kata kunci lalu tekan tombol search.

3. Tambahkan Produk Terpilih ke Shopping Cart
Setelah menemukan produk yang kamu inginkan, lihat detail produk. Tentukan warna, ukuran dan jumlahnya yang ingin kamu beli lalu klik Add to Cart. Kamu bisa menambahkan lebih dari satu produk ke dalam shopping cart.

4. Checkout dari Shopping Cart
Checkout untuk memeriksa kembali seluruh produk yang akan kamu beli. Jika kamu memiliki voucher belanja, kamu bisa memasukan nomor voucher di bagian kiri bawah halaman ini.  Klik I Still Want to Shop untuk memilih produk lainnya atau I am Ready to Order untuk lanjut ke tahap berikutnya.

5. Check Alamat Pengiriman
Lengkapi detail alamat pengirimanmu. Pastikan alamat yang dituju sudah benar. Klik Next untuk lanjut ke tahap berikutnya.

6. Metode Pembayaran
Untuk mempermudah transaksi, kami menyediakan beberapa metode pembayaran. Pilih metode pembayaran yang biasa kamu gunakan.

  • Transfer Bank
Silahkan melakukan transfer sesuai rincian order kamu ke salah satu rekening kami berikut ini
Bank Mandiri :0700008999000 a.n. PT HijUp.com
BCA          : 5520409400    a.n. PT HijUp.com

  • Mandiri Clickpay
Jika memilih metode pembayaran dengan Mandiri ClickPay, pastikan kamu sudah terdaftar pada layanan Mandiri ClickPay.

·        Kartu Kredit
Kami menerima pembayaran dengan Kartu Kredit Visa atau Mastercard. Pada metode pembayaran ini kami tidak mengenakan biaya tambahan (surcharge) apapun. Biaya yang akan dipotong dari kartu kreditmu adalah sejumlah Grand Total Transaksi.

·        PayPal
Untuk transaksi dengan PayPal, kami hanya menerima pembayaran dalam US Dollar (USD). Kamu akan langsung diarahkan ke halaman PayPal untuk memproses pembayaran. Setelah menyelesaikan seluruh langkah yang diminta, kamu akan diarahkan kembali ke halaman kami. Klik ‘Submit’ untuk menyelesaikan proses pembayaran.


·        Cash on Delivery
Pembayaran secara COD (Cash on Delivery) hanya berlaku untuk wilayah DKI Jakarta dengan nilai maksimal transaksi sebesar Rp. 2.000.000 bila membayar menggunakan uang tunai di tempat. Apabila pembayaran di tempat menggunakan kartu debit atau kartu kredit maka batas nilai maksimal transaksi sebesar Rp.7.000.000. pembayaran dengan menggunakan kartu kredit pada saat COD tidak dikenakan biaya tambahan (surcharge) apapun. Biaya yang dipotong dari kartu kredit adalah sejumlah Grand Total transaksimu.

7.  Konfirmasi Pembayaran
Apabila melakukan pembayaran melalui transfer bank, jangan lupa melakukan konfirmasi pembayaran dengan sign in terlebih dahulu, lalu klik confirm/track order pada menu My Account. Klik tombol Confirm pada order yang ingin kamu konfirmasi. Isi data dengan lengkap pada form yang tersedia lalu klik Confirm.
Konfirmasi Pembayaran ini sangat penting untuk dapat segera memproses order kamu. Kamu tidak akan memproses order yang belum dikonfirmasikan. Batas konfirmasi pembayaran adalah dalam jangka waktu maksimal 1x12 jam setelah barang di-book online di HijUp.com (checkout). Jika dalam jangka waktu tersebut kamu belum melakukan pembayaran dan melakukan konfirmasi via website, maka order otomatis dibatalkan dan barang dikembalikan ke dalam sistem.

8.  Barang Dikirim
Jasa kurir kami akan mengirimkan barang ke alamatmu. Jika ternyata barang yang diterima cacat atau tidak sesuai pesanan, kamu bisa melakukan pengembalian ke alamat kantor kami dengan melampirkan tanda terima pengiriman dari kurir tanpa dikenai biaya apapun (kecuali biaya pengiriman kembali). Pengembalian hanya dapat dilakukan untuk penukaran dengan barang yang sejenis.

a. Private Shopping
Untuk memudahkan kamu berbelanja, kami juga menyediakan layanan private shopping. Layanan ini ditujukan untuk kamu yang menginginkan pengalaman berbelanja yang lebih personal. Kamu akan dipandu oleh tim private shopping kami melalui telepon, WhatsApp, Line, atau BBM saat berbelanja.
Caranya :
1.    Pilih produk favorit yang ingin kamu miliki

2.   Hubungi tim private shopping lewat :
Telepon                   : +6221 78 24 001
WhatsApp                 : 081212170818, 087880704784
Line                 : hijup1, hijup2, hijup3
BBM                      : 57700FAD, 56DCD00E, 572C6824

3.   Berikan detail barang dan jumlah barang yang ingin kamu beli pada tim private shopping kami. Kami akan cek dan berikan total biaya yang harus kamu bayar. Kemudian silahkan melakukan transfer sesuai dengan biaya total tersebut lalu kirim konfirmasi transfer mu kepada kami. Bukti pembelian akan kami berikan padamu. Kami akan menangani semua proses pemesanan hingga barang sampai di alamatmu.

·         Bussiness to Bussiness (B2B)
Jenis e-commerce Bussiness to Bussiness atau B2B adalah bisnis yang dilakukan oleh pihak atau orang yang saling memiliki kepentingan bisnis, atau bisa juga disebut bisnis antar perusahaan. Biasanya bisnis B2B dilakukan menggunakan EDI (Electronic Data Interchange) dan email yang berguna untuk pembelian barang dan jasa, informasi, dan konsultasi, atau pengiriman dan permintaan proposal bisnis.
        Electronic Data Interchange (EDI) itu sendiri adalah proses transfer data yang terstruktur, dalam format standar yang disetujui, dari satu sistem komputer ke sistem komputer lainnya, dalam bentuk elektronik.

Contoh Perusahaan yang menerapkan Mobile Computing berbasis e-commerce Bussiness to Bussiness (B2B) adalah :


PT Krakatau Steel

PT Krakatau Steel adalah perusahaan baja terbesar di Indonesia, untuk melakukan pemesanan baja di Krakatau Steel setiap perusahaan harus mendaftarkan perusahaannya. Setelah terdaftar perusahaan mitra dapat memesan baja di Krakatau Steel menggunakan Electronic Data Interchange (EDI).


REFERENSI :
  [URL] :http://www.academia.edu/17287529/Makalah_mobile_computing,              2 April 2017.  

Nama                : Asri Safirannisa

NPM                 : 51413445

Kelas                 : 4IA17




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas Pertemuan 3

Assalaamu’alaykum Warahmatullahi Wabarokatuh Bonjour à tous Dalam bahasa Indonesia, Hello Semua.. Apa kabarnya ? Semoga dalam keadaan sehat wal’afiat. Bertemu lagi dengan saya Asri Safirannisa. Salam Kenal Semua J             Pada pertemuan sebelumnya kita telah membahas dua jenis komputasi yaitu Mobile Computing dan Cloud Computing. Pada pertemuan ketiga kali ini, saya akan membahas salah satu komputasi terdistribusi, yaitu Grid Computing . 1. Jelaskan pengertian dari Grid Computing ?             Komputasi Grid atau yang sering disebut Grid Computing adalah sebuah sistem komputasi terdistribusi yang memungkinkan sumber daya komputer dalam jaringan, seperti pemrosesan, bandwidth jaringan, dan kapasitas media penyimpanan untuk membentuk sebuah sistem tunggal secara virtual.  Grid sering disebut sebagai sistem terdistribusi dengan beban kerja non-inte...

Tugas Pertemuan 1 Komputasi Modern

Assalaamu’alaykum Warahmatullahi Wabarokatuh Hello bertemu lagi dengan saya Asri Safirannisa. Pada Pertemuan kali ini, saya akan membahas mengenai Komputasi Modern dan Cloud Computing .   Saat ini Cloud Computing sangat dibutuhkan oleh perusahaan dan pebisnis. Persaingan yang ketat akan membuat perusahaan beralih ke cloud computing yang akan memberikan fleksibilitas dalam mengatur kebutuhan kapasitas virtual server yang dapat disesuaikan dengan kondisi bisnis perusahaan. Layanan Cloud Services terdiri dari layanan Public Cloud yang menyediakan infrastruktur IT yang multi-tenant dengan perangkat virtual server yang dapat diakses melalui jaringan internet maupun jaringan pribadi . Kemudian layanan Private Cloud yang merupakan penyediaan infrastruktur IT menggunakan perangkat IT berdedikasi untuk satu perusahaan yang dapat diakses melalui jaringan internet maupun jaringan p ribadi . 1.     Pengertian dari Komputasi Modern Komputasi itu sendiri a...