Assalaamu’alaykum
Warahmatullahi Wabarokatuh
안녕하세요
Annyeonghaseyo.
Dalam bahasa Indonesia artinya adalah Hallo Semua. Apa
kabarnya ? Semoga dalam keadaan sehat wal’afiat. Bertemu lagi dengan saya Asri Safirannisa. Salam kenal J
Pada Pertemuan kedua kali
ini, kita akan membahas lebih lanjut mengenai Mobile Computing dan Cloud
Computing.
Seiring dengan perkembangan
zaman, semakin lama mengalami kemajuan. Salah satunya dalam hal teknologi.
Hampir tidak mungkin di zaman sekarang ini kita membawa PC (Personal
Computer) kemana-mana karena ukurannya lumayan besar dan berat serta tidak
praktis. Perkembangan pesat teknologi informasi menghadirkan media komunikasi
global internet yang memudahkan orang untuk saling berkomunikasi tanpa batasan
geografis dan waktu. Munculnya teknologi mobile seperti Smartphone, PDA (Personal
Digital Assistant) yang sudah mulai dikenal luas menghadirkan revolusi baru
dalam dunia komunikasi global yang menggabungkan teknologi mobile dengan teknologi internet, yang sering disebut sebagai mobile computing. Mobile Computing
adalah suatu penyajian informasi yang menggunakan mobile devices seperti smartphone, PDA, atau laptop dengan
bantuan media komunikasi wireless.
Dengan adanya mobile computing ini diharapkan
memperoleh informasi mengenai teknologi mobile
computing dan informasi tentang dukungan hardware resource yang memadai untuk mendapatkan pemahaman yang
tepat mengenai mobile computing. Hardware resource yang dibutuhkan berupa
perangkat komunikasi wireless seperti
access point, wireless interface card, handphone,
laptop dan lain lain sebagai pusat komputasi (Computing Center).
Berdasarkan Laporan Dell’oro
mengenai perkembangan pasar nirkabel. Penjualan access point nirkabel enterprise
misalnya, diprediksi meningkat 75% pada tahun 2004 dan tingkat pertumbuhan
tahunan rata-rata 47% sampai tahun 2008. Maraknya pertumbuhan pasar nirkabel enterprise ini tidak terlepas dari
semakin matangnya teknologi nirkabel, khususnya keamanan akses.
A. Pengertian Mobile Computing
Mobile Computing atau
komputasi bergerak merupakan kemajuan teknologi komputer sehingga dapat
berkomunikasi menggunakan jaringan tanpa menggunakan kabel (nirkabel) dan mudah
dibawa kemana-mana alias praktis.
Selain itu, Mobile Computing merupakan paradigma
baru dari teknologi yang mampu melakukan komunikasi walaupun pengguna melakukan
perpindahan lokasi atau bermobilisasi.
Dapat dipahami bahwa
manusia senantiasa bergerak dan berkembang dari satu keadaan ke keadaan yang
lain. Sehingga membutuhkan suatu device
yang mampu mengikuti pergerakan setiap manusia. Pergerakan disini yaitu orang
dan device. Atau bisa disebut juga
dengan sebuah komputasi menggunakan teknologi yang tidak terhubung secara fisik
dalam jarak jauh atau lingkungan mobile.
Infrastruktur mobile computing dilakukan secara
kontinue dimana setiap data disimpan atau komputer yang memproses permintaan
tidak perlu dipikirkan.
Perbedaan Mobile
Computing
dan Cloud Computing adalah
sebagai berikut
:
- Mobile computing
menggunakan teknologi mobile
untuk menjalankannya seperti handphone, carputer dan ultra mobile PC,
sedangkan cloud computing
menggunakan Personal Computer
(PC) pada umumnya untuk menjalankannya.
- Biaya
untuk pengadaan energi bagi mobile
computing cenderung lebih mahal dibanding dengan cloud computing apabila tidak ada sumber daya listrik dapat membutuhkan
sumber daya pengganti yaitu baterai.
- Mobile computing tidak
terlalu membutuhkan tempat yang besar untuk mengoperasikannya dibanding dengan
cloud computing karena cenderung portable dan mudah dibawa
kemana-mana.
- Pada mobile computing, proses komputasi
cenderung dilakukan sendiri oleh pengguna. Pada cloud computing, proses komputasi membutuhkan ASP dan internet
sebagai media penghubung.
Persamaan Mobile Computing dengan Cloud Computing
- Keduanya merupakan
metode untuk melakukan proses komputasi dan memecahkan sebuah masalah
serta menemukan solusinya.
- Keduanya
membutuhkan alat pengolah data modern seperti Personal Computer / PC, laptop, maupun handphone untuk menjalankannya.
2. Pengertian Mobile Computing
Mobile
Computing atau komputasi bergerak
merupakan kemajuan teknologi komputer sehingga dapat berkomunikasi menggunakan
jaringan tanpa menggunakan kabel (nirkabel) dan mudah dibawa kemana-mana alias
praktis.
Selain itu, Mobile
Computing merupakan paradigma baru dari teknologi yang mampu melakukan
komunikasi walaupun pengguna melakukan perpindahan lokasi atau bermobilisasi.
Dapat dipahami bahwa manusia senantiasa bergerak dan
berkembang dari satu keadaan ke keadaan yang lain. Sehingga membutuhkan suatu device yang mampu mengikuti pergerakan
setiap manusia. Pergerakan disini yaitu orang dan device. Atau bisa disebut juga dengan sebuah komputasi menggunakan
teknologi yang tidak terhubung secara fisik dalam jarak jauh atau lingkungan mobile.
Infrastruktur mobile
computing dilakukan secara kontinue dimana setiap data disimpan atau
komputer yang memproses permintaan tidak perlu dipikirkan.
Kelebihan Mobile
Computing adalah :
ü Komputasi simulasi dan penyelesaian masalah dapat
berjalan lebih cepat dan mencakup domain yang lebih luas.
ü Akses terhadap sumber data global dan hasil
penelitian lebih baik.
ü Dinamis dan tidak ada batas-batas geografis.
Kekurangan Mobile
Computing antara lain :
ü Masih sedikitnya Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkompeten
dalam mengelola mobile computing.
3. Aplikasi yang menerapkan Mobile Computing adalah :
ü Bussiness to Constumers (B2C)
Bussiness to Constumers (B2C) adalah jenis
bisnis yang dilakukan antara pelaku bisnis dengan konsumen, seperti antara
produsen yang menjual dan menawarkan produknya ke konsumen umum secara online. Disini pihak produsen akan
melakukan bisnis dengan menjual dan memasarkan produknya ke konsumen tanpa
adanya feedback dari konsumen untuk
melakukan bisnis kembali kepada pihak produsen, yang artinya produsen hanya
menjual atau memasarkan produk ataupun jasanya dan pihak konsumen hanya sebagai
pemakai atau pembeli.
Perusahaan yang menerapkan Mobile Computing :
1. Dalam bidang teknologi
1. Dalam bidang teknologi
ü iBox
Online Store
iBox adalah Reseller terkemuka Produk Premium Apple di Indonesia yang
mengkhususkan diri dalam menawarkan produk-produk Apple dan berbagai macam
aksesoris pelengkap, software, dan
lainnya.
iBox menawarkan one-stop Apple digital lifestyle shopping. Pelanggan
dapat menikmati pengalaman belanja yang interaktif di mana mereka dipersilahkan
untuk menyentuh, merasakan, dan menguji berbagai produk Apple terbaru.
Sebagai satu-satunya Pusat Pelatihan
Resmi Apple di Indonesia, iBox menyediakan
training dan hands-on coaching
untuk semua produk dan software Apple.
Selain itu, Apple Premium Service
Provider memberikan layanan after-sales
yang sangat baik dengan memberikan panduan dan bantuan bagi pengguna
Apple.
2. Dalam bidang transportasi
ü PT . Kereta Api Indonesia (Persero)
Bentuk
Garis melengkung : Melambangkan gerakan yang dinamis PT KAI dalam mencapai Visi dan Misinya.
Garis melengkung : Melambangkan gerakan yang dinamis PT KAI dalam mencapai Visi dan Misinya.
Anak Panah : Melambangkan Nilai Integritas, yang harus dimiliki insan PT KAI dalam mewujudkan Pelayanan Prima.
Warna:
1.
Orange : Melambangkan proses Pelayanan Prima (Kepuasan Pelanggan) yang ditujukan
kepada pelanggan internal & eksternal.
2. Biru : Melambangkan semangat Inovasi yang harus dilakukan dalam memberikan nilai tambah ke stakeholders. Inovasi dilakukan dengan semangat sinergi di semua bidang dan dimulai dari hal yang paling kecil sehingga dapat melesat.
Visi dan Misi:
Visi menjadi penyedia jasa perkeretaapian terbaik yang fokus pada pelayanan
pelanggan dan memenuhi harapan stakeholders.
Misi menyelenggarakan bisnis perkeretaapian dan bisnis usaha penunjangnya,
melalui praktik bisnis dan model organisasi terbaik untuk memberikan
nilai tambah yang tinggi bagi stakeholders dan kelestarian lingkungan
berdasarkan 4 pilar utama : Keselamatan, Ketepatan waktu, Pelayanan dan
Kenyamanan.
Website ini
sangat membantu untuk seluruh masyarakat Indonesia yang ingin menggunakan transportasi
tanpa perlu macet. Di era digital kini, PT Kereta Api Indonesia (Persero) telah
menyediakan fasilitas reservasi pembelian tiket secara online untuk masyarakat Indonesia. Jadi tidak perlu antri dan berdesak-desakan
seperti dulu.
Pemesanan tiket melalui internet dengan membuka situs resmi PT KAI (Persero)
dengan alamat tiket.kereta-api.co.id untuk keberangkatan H-90 sampai dengan H-2
hari sebelum keberangkatan KA. Calon penumpang cukup memilih stasiun
keberangkatan, stasiun tujuan, tanggal keberangkatan, dan jumlah penumpang
melalui web tersebut. Setelah mengisi data diri sesuai identitas yang ada di
KTP anda, calon penumpang akan mendapatkan kode pembayaran yang dapat
dibayarkan melalui ATM Bank (waktu pelayanan 24 jam) antara lain :
a.
Bank Mandiri
b.
Bank BII Maybank
c.
Bank BRI
d.
Bank BRI Syariah
e.
Bank BPR KS
f.
Bank OCBC NISP
g.
BPD DIY
h.
Bank Panin
i.
Bank CIMB Niaga
j.
Bank BNI
k.
Bank BJB
l.
Bank BCA
m. Bank
Mayapada
n.
Bank BTN
o.
Bank Mega
p.
Bank Pundi
q.
Bank BTPN
Pembayaran melalui minimarket dan
Payment Point (waktu pelayanan s.d. Pukul 22.00 WIB dan beberapa gerai melayani
24 jam) antara lain:
a. Alfamart
b. Indomaret
c. Alfamidi
d. Lawson
e. Alfa
Express
Payment Point (waktu pelayanan
office hour) antara lain :
a. Kantor
Pos
b. Jaringan
Flash Mobile
Pembayaran menggunakan Kartu Kredit
Visa/Master
Pembayaran melalui CIMB Clicks
Pembayaran melalui BCA KlikPay
Pembayaran melalui e-Pay BRI
Pembayaran melalui DokuPay
Pembayaran melalui Skye Mobile Money
Setelah pembayaran
calon penumpang akan mendapatkan notifikasi melalui email, kemudian cetak notifikasi
tersebut dan tukarkan dengan tiket KA di stasiun online tersebut.
Untuk informasi lebih lengkapnya dapat di akses www.kai.co.id
ü Consumer
to Bussiness
(C2B)
C2B (Consumer
to Bussiness) merupakan kebalikan dari Business
to Consumer (B2C), dimana konsumen akhir bertindak sebagai penjual
sedangkan perusahaan bertindak sebagai pembeli dan aktivitas ini dilakukan
secara elektronik yang tentunya dengan menggunakan jaringan internet.
Contoh C2B adalah :
Dalam bidang Teknologi Informasi
ü Google Play
Google
Play adalah layanan konten digital
milik Google yang melingkupi toko untuk produk-produk seperti musik/lagu, buku,
aplikasi, permainan dan lain-lain. Para pengembang dapat meng upload produk – produk nya di Google Play. Produk yang telah di upload ke Google Play kemudian akan ditawarkan oleh Google ke pengguna.
Dengan kerjasama ini berarti pengembang bertindak sebagai consumer dan Google sebagai bussiness
yang menampung produk- produk dari para pengembang.
Dalam bidang Pendidikan dan Teknologi
ü CamScanner
Aplikasi
ini bisa dibilang keluaran terbaru dari Google Play dan sangat bermanfaat
khususnya untuk pelajar dan mahasiswa, aku sangat merekomendasikan aplikasi
CamScanner ini karena selain juga sangat membantu pengguna dalam men scanning dokumen tanpa perlu ribet. Caranya
sangat mudah pertama kamu foto dokumen yang ingin di scan lalu crop dokumen
tersebut sesuai dengan keinginan maka akan muncul berbagai macam filter yang tersedia di aplikasi CamScanner, setelah
memilih filter yang diinginkan pilih
tanda centang yang terdapat di pojok kanan bawah lalu pilih simbol pdf yang
terdapat pojok kanan atas maka secara otomatis foto yang kamu ambil tadi di scan dan dijadikan .pdf. Atau kamu bisa
juga import from your gallery maka
akan muncul foto mana saja yang mau kamu scan
dan dijadikan .pdf lalu pilih simbol pdf yang terdapat di pojok kanan atas maka
akan secara otomatis di scan dan
dijadikan .pdf foto yang kamu import tadi.
Gimana tertarik untuk mencoba kawan ? Aplikasi
ini bisa di unduh di Google Play untuk Android dan App Store untuk Apple. Untuk
kamu yang lagi mengerjakan tugas akhir sangat perlu menggunakan aplikasi ini. Kenapa
? karena aplikasi ini gratis tanpa menguras saku anda.
ü Consumers
to Consumers
(C2C)
Consumers to Consumers dilakukan antara konsumen dengan konsumen, yaitu
perorangan yang menjual barang atau jasanya melalui situs market place atau situs jual beli.
Contoh Dari Website
C2C yang menerapkan Mobile Computing adalah :
ü HijUp (https://www.hijup.com).
HIJUP.com
adalah Islamic fashion e-commerce pertama
di dunia yang didirikan pada tahun 2011. Dengan konsep online mall, HIJUP.com menyediakan berbagai macam produk terbaik
karya designer fashion muslimah
Indonesia. Produk yang kami sediakan ditujukan khusus untuk wanita Muslim, dari
mulai pakaian, kerudung, aksesoris dan banyak lagi yang lainnya.
Sejak awal berdiri, HIJUP.com berperan sebagai perantara antara
para designer dengan calon pembeli di seluruh dunia. Dengan HIJUP.com para
designer dapat meningkatkan keuntungan dengan lebih efisien sementara calon
pembeli jadi lebih mudah mencari produk yang diinginkan.
HIJUP adalah kependekan dari Hijab Up (seperti pada kata make up
atau dress up). Karena kami yakin
bahwa kami bisa memberikan sesuatu yang lebih kepada wanita Muslim di seluruh
dunia. Bahwa Hijab tidak membatasi mereka untuk berkarya dan diakui oleh
lingkungan sekitarnya. Mereka layak untuk tampil menawan dengan pakaian yang
cantik dan mengikuti trend namun tetap syar'i.
Cara berbelanja online di HIJUP, yuk simak langkah-langkahnya :
1. Registrasi / Sign In
Pastikan jika kamu sudah memiliki akun HijUp.com untuk
berbelanja online. Jika belum, maka kamu harus registrasi dulu. Klik Register
di bagian atas website lalu isi form yang tersedia. Jika sudah berhasil
registrasi maka kamu bisa langsung sign in. Klik Sign In di bagian atas
website, kemudian masukkan email dan password.
2. Pilih Produk yang
diinginkan
Di Menu Utama kamu bisa dengan mudah memilih produk yang
diinginkan berdasarkan kategori produk di Collections dan Brands. HIJUP juga
menyediakan kategori What’s New untuk memudahkan kamu
menemukan koleksi terbaru. Untuk pencarian lebih cepat gunakan search form, masukkan kata kunci lalu
tekan tombol search.
3. Tambahkan Produk yang
dipilih ke Shopping Cart
Setelah menemukan produk yang kamu inginkan, lihat detail
produk, tentukan warna, ukuran, dan jumlah produk yang ingin kamu beli lalu
klik Add
to Cart. Kamu bisa menambahkan lebih dari satu produk ke dalam shopping cart.
4. Checkout dari Shopping Cart
Checkout untuk memeriksa kembali seluruh produk yang akan kamu
beli. Jika kamu memiliki voucher belanja, kamu bisa memasukkan nomor voucher di
bagian kiri bawah halaman ini. Klik I Still Want to Shop untuk memilih produk
lainnya atau I am Ready to Order untuk lanjut ke tahap berikutnya.
5. Check Alamat Pengiriman
Lengkapi detail alamat pengiriman. Pastikan alamat yang
dituju benar. Klik Next untuk lanjut ke
tahap berikutnya.
6. Metode Pembayaran
Untuk mempermudah transaksi, kami menyediakan beberapa metode pembayaran. Pilih metode pembayaran yang biasa kamu gunakan.
·
Transfer Bank
Silahkan melakukan transfer sesuai dengan rincian order kamu ke
salah satu rekening kami berikut ini :
Bank Mandiri :0700008999000 a.n. PT.HijUp.com
·
Mandiri ClickPay
Jika memiliki metode pembayaran dengan Mandiri ClickPay, pastikan kamu sudah terdaftar
pada layanan Mandiri ClickPay.
2.Pilih
Produk
Di
menu utama kamu bisa dengan mudah memilih produk yang kamu inginkan berdasarkan
kategori produk di Collections dan Brands.
Kami juga menyediakan kategori What’s
New untuk memudahkan kamu menemukan koleksi terbaru. Untuk
pencarian lebih cepat gunakan search form,
masukkan kata kunci lalu tekan tombol search.
3.
Tambahkan Produk Terpilih ke Shopping Cart
Setelah
menemukan produk yang kamu inginkan, lihat detail produk. Tentukan warna,
ukuran dan jumlahnya yang ingin kamu beli lalu klik Add
to Cart. Kamu bisa menambahkan lebih dari satu produk ke dalam shopping cart.
4.
Checkout dari Shopping Cart
Checkout
untuk memeriksa kembali seluruh produk yang akan kamu beli. Jika kamu memiliki
voucher belanja, kamu bisa memasukan nomor voucher di bagian kiri bawah halaman
ini. Klik I Still Want to Shop untuk memilih produk lainnya atau I am Ready to Order untuk
lanjut ke tahap berikutnya.
5.
Check Alamat Pengiriman
Lengkapi
detail alamat pengirimanmu. Pastikan alamat yang dituju sudah benar. Klik Next untuk
lanjut ke tahap berikutnya.
6.
Metode Pembayaran
Untuk
mempermudah transaksi, kami menyediakan beberapa metode pembayaran. Pilih
metode pembayaran yang biasa kamu gunakan.
- Transfer Bank
Silahkan
melakukan transfer sesuai rincian order
kamu ke salah satu rekening kami berikut ini
Bank
Mandiri :0700008999000 a.n. PT HijUp.com
BCA : 5520409400 a.n. PT HijUp.com
- Mandiri Clickpay
Jika
memilih metode pembayaran dengan Mandiri ClickPay,
pastikan kamu sudah terdaftar pada layanan Mandiri ClickPay.
·
Kartu Kredit
Kami
menerima pembayaran dengan Kartu Kredit Visa atau Mastercard. Pada metode pembayaran ini kami tidak mengenakan biaya
tambahan (surcharge) apapun. Biaya yang
akan dipotong dari kartu kreditmu adalah sejumlah Grand Total Transaksi.
·
PayPal
Untuk
transaksi dengan PayPal, kami hanya menerima pembayaran dalam US Dollar (USD). Kamu
akan langsung diarahkan ke halaman PayPal untuk memproses pembayaran. Setelah menyelesaikan
seluruh langkah yang diminta, kamu akan diarahkan kembali ke halaman kami. Klik
‘Submit’
untuk menyelesaikan proses pembayaran.
·
Cash on Delivery
Pembayaran
secara COD (Cash on Delivery) hanya
berlaku untuk wilayah DKI Jakarta dengan nilai maksimal transaksi sebesar Rp.
2.000.000 bila membayar menggunakan uang tunai di tempat. Apabila pembayaran di
tempat menggunakan kartu debit atau kartu kredit maka batas nilai maksimal
transaksi sebesar Rp.7.000.000. pembayaran dengan menggunakan kartu kredit pada
saat COD tidak dikenakan biaya tambahan (surcharge)
apapun. Biaya yang dipotong dari kartu kredit adalah sejumlah Grand Total
transaksimu.
7. Konfirmasi Pembayaran
Apabila melakukan pembayaran melalui
transfer bank, jangan lupa melakukan konfirmasi pembayaran dengan sign in terlebih dahulu, lalu klik
confirm/track order pada menu My Account.
Klik tombol Confirm pada order yang ingin kamu konfirmasi. Isi data
dengan lengkap pada form yang
tersedia lalu klik Confirm.
Konfirmasi Pembayaran ini sangat penting
untuk dapat segera memproses order kamu. Kamu tidak akan memproses order yang
belum dikonfirmasikan. Batas konfirmasi pembayaran adalah dalam jangka waktu
maksimal 1x12 jam setelah barang di-book
online di HijUp.com (checkout). Jika
dalam jangka waktu tersebut kamu belum melakukan pembayaran dan melakukan
konfirmasi via website, maka order otomatis dibatalkan dan barang
dikembalikan ke dalam sistem.
8. Barang Dikirim
Jasa
kurir kami akan mengirimkan barang ke alamatmu. Jika ternyata barang yang
diterima cacat atau tidak sesuai pesanan, kamu bisa melakukan pengembalian ke
alamat kantor kami dengan melampirkan tanda terima pengiriman dari kurir tanpa dikenai
biaya apapun (kecuali biaya pengiriman kembali). Pengembalian hanya dapat
dilakukan untuk penukaran dengan barang yang sejenis.
a. Private Shopping
Untuk memudahkan kamu berbelanja, kami
juga menyediakan layanan private shopping. Layanan ini ditujukan untuk kamu
yang menginginkan pengalaman berbelanja yang lebih personal. Kamu akan dipandu
oleh tim private shopping kami melalui telepon, WhatsApp, Line, atau BBM saat
berbelanja.
Caranya
:
1.
Pilih produk favorit yang ingin kamu
miliki
2.
Hubungi tim private shopping lewat :
Telepon
: +6221 78 24 001
WhatsApp
: 081212170818, 087880704784
Line : hijup1, hijup2, hijup3
BBM : 57700FAD, 56DCD00E, 572C6824
3.
Berikan detail barang dan jumlah barang
yang ingin kamu beli pada tim private
shopping kami. Kami akan cek dan berikan total biaya yang harus kamu bayar.
Kemudian silahkan melakukan transfer sesuai dengan biaya total tersebut lalu
kirim konfirmasi transfer mu kepada kami. Bukti pembelian akan kami berikan
padamu. Kami akan menangani semua proses pemesanan hingga barang sampai di
alamatmu.
·
Bussiness to Bussiness (B2B)
Jenis
e-commerce Bussiness to Bussiness
atau B2B adalah bisnis yang dilakukan oleh pihak atau orang yang saling
memiliki kepentingan bisnis, atau bisa juga disebut bisnis antar perusahaan. Biasanya
bisnis B2B dilakukan menggunakan EDI (Electronic
Data Interchange) dan email yang
berguna untuk pembelian barang dan jasa, informasi, dan konsultasi, atau
pengiriman dan permintaan proposal bisnis.
Electronic
Data Interchange (EDI) itu sendiri adalah proses transfer data yang
terstruktur, dalam format standar yang disetujui, dari satu sistem komputer ke
sistem komputer lainnya, dalam bentuk elektronik.
Contoh Perusahaan yang menerapkan Mobile Computing berbasis e-commerce Bussiness to Bussiness (B2B) adalah :
PT Krakatau Steel
PT Krakatau Steel adalah
perusahaan baja terbesar di Indonesia, untuk melakukan pemesanan baja di
Krakatau Steel setiap perusahaan harus mendaftarkan perusahaannya. Setelah terdaftar
perusahaan mitra dapat memesan baja di Krakatau Steel menggunakan Electronic Data Interchange (EDI).
REFERENSI :
[URL] :http://www.academia.edu/17287529/Makalah_mobile_computing, 2 April 2017.
Nama : Asri Safirannisa
NPM : 51413445
Kelas : 4IA17
Komentar
Posting Komentar